Connect with us

Sosok

Ketika Komisioner Komisi Yudisial Terbitkan Buku Jaminan Produk Halal

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Kajian tentang produk halal belakangan menjadi tren yang terjadi di berbagai tempat. Selain tuntutan syar’i, halal telah menjadi gaya hidup seorang muslim. Isu halal pun tak luput dikaji oleh Komisioner Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi. Apa korelasinya?

Komisioner KY RI Farid Wajid saat ini tengah menyiapkan buku yang berbeda dari konsentrasi pekerjaannya saat ini. Pria asal Medan ini tengah menyiapka buku dengan judul “Jaminan Produk Halal di Indonesia, Urgensi Sertifikasi dan Labelisasi Halal”. “Buku khusus halal secara utuh dalam proses penyelesaian. Baru sekitar 60 persen,” ungkap Farid saat berbincang dengan MASJIDUNA, Minggu (8/9/2019).

Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini menyebutkan buku yang direncanakan bakal segera diluncurkan ini merupakan kumpulan tulisan Farid di sejumlah media massa dengan tema tentang halal. “Baik sebelum maupun sesudah lahirnya UU Jaminan Produk Halal,” sebut Farid.

Meski berlatar belakang hukum, Farid memiliki kepedulian tentang tema-tema tentang Halal. Ini tidak terlepas dari latar belakang Farid yang tak lain merupakan aktivis Muhammadiyah di Sumatera Utara. Jauh sebelum menjadi komisioner KY, Farid juga berkecimpung di tema-tema perlindungan konsumen dengan menjabat sebagai Direktur Lembaga Adovaksi dan Perlindungan Konsumen Sumatera Utara periode 2005–2015.

Selain menyiapkan buku “Jaminan Produk Halal di Indonesia”, Farid juga menyaipkan buku-buku lainnya. Kali ini, ia menulis terkait dengan pekerjaan yang kini ia geluti sebagai komisioner Komisi Yudisial dengan menulis “Memperkuat Komisi Yudisial dalam Menjaga Integritas Wakil Tuhan” yang saat ini tahap pre order dari penerbit. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok