Connect with us

Safa Marwah

Keren, Jamaah Haji Asal Pandeglang Gelar Upacara HUT RI di Mekah

[MEKAH, MASJIDUNA] – Momentum musim haji tahun 2019 ini bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan ke-74 RI. Kendati tengah berada di negeri orang, para jamaah haji tetap memperingati HUT RI dengan hikmat. Bagaimana pelaksanaan upacaranya?

Nasionalisme seseorang diuji ketika berada di luar Indonesia. Hal itu pula sepertinya yang dibuktikan oleh jamaah haji dari Kabupaten Pandeglang khususnya kloter 40. Kendati tengah menuntaskan proses ibadah haji, namun momentum peringatan HUT ke 74 RI tak disia-siakan oleh para jamaah.

Sebagaimana MASJIDUNA kutip dari laman akun Facebook milik Dede Ahmad Permana, salah satu jamaah haji Kloter 40 yang menginformasikan tentang kegiatan upacara peringatan HUT ke-74 RI di halaman pemondokan. “Sebagai bentuk ungkapan syukur atas nikmat kemerdekaan, kami jemaah haji kloter 40 JKG (Kab Pandeglang), menggelar upacara HUT RI ke-74 di halaman pemondokan kami di Mekah al Mukarromah,” tulis Dede.

Dosen Fakultas Syariah UIN Serang, Banten ini menyebutkan kendati pelaksanana upacara dilakukan dengan cara sederhana dan peserta rerata diikuti oleh para lansia, namun pelaksanaan upacara berlangsung khidmat. “Para jemaah yang umumnya lansia, berdiri tegak dan turut menyanyikan lagu Indonesia Raya,” tambah alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Mantan aktivis mahasiswa ini mengaku batinnya merinding saat para jamaah menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kendati, kata Dede, kebanyakan suara para jamaah parau dan sumbang. “Hati saya bergetar ketika lagu kebangsaan kita berkumandang,” sebut mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Di bagian akhir tulisannya, pria asal Sukabumi ini mengaku tak henti bersyukur karena dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan nyaman serta menikmati kemerdekaan RI. “Nikmat mana lagi yang akan kau dustakan,” pungkas Dede mengutip salah satu ayat al-Qur’an di Surat Ar-Rahman ini. [FAR]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah