Connect with us

Khazanah

Kabar Baik, Kapasitas dan Kesejahteraan Penyuluh Agama Bakal Dinaikkan

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Kementerian Agama berkomitmen akan meningkatkan kapasitas para penyuluh agama Islam. Tidak hanya itu, pemerintah juga berjanji akan meningkatkan kesejahteraan garda terdepan Kementerian Agama ini.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan dibutuhkan terobosan yang nyata untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan sekaligus kesejahteraan.

“Harus ada langkah out of the box untuk peningkatan kapasitas keilmuan termasuk peningkatan kesejahteraan Penyuluh Agama Islam, harus kita pikirkan bersama. Ini sangat mendesak dan penting sekali,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Menurut Kamarudin, posisi penyuluh agama yang berjumlah 50 ribu se-Indonesia ini menjadi front liner bagi Kementerian Agama karena bersinggungan langsung dengan masyarakat. Posisi penyuluh agama yang startegis itu, imbuh Kamarudin, penyuluh agama perlu diafirmasi.”Kita harus bertransformasi. Penyuluh Agama adalah tanggung jawab kita. Harus diafirmasi dan diadvokasi secara serius,” tambahnya.

Menurut Kamarudin, penyuluh harus memiliki kemampuan dan memperbaharui kemampuan dengan memanfaatkan digital serta meningkatkan literasi. “Penyuluh harus memiliki kemampuan yang luar biasa. Penyuluh harus dinamis, update, modern, memiliki literasi digital, memahami isu sosial, membaca literatur dan realitas. Ini tugas kita bersama,” tambahnya.

Guna merealisasikan program tersebut, selain melalui pendidikan dan latihan, Kemenag juga terus melakukan terobosan guna meningkatkan kapasitas para penyuluh yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

“Saya sedang menginisiasi kerja sama dengan Perguruan Tinggi. Saya akan undang 10 rektor bersama dekan, dan Balai Pendidikan dan Latihan untuk mendiskusikan desain pengembangan kapasitas penyuluh selain pelatihan reguler yang sudah dilakukan,” terang bekas Dirjen Pendis Kemenag ini.

[RAN/Kemenag]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah