Connect with us

Masjid

Jumat Ini, Masjid Amir Hamzah TIM Diresmikan

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Masjid Amir Hamzah yang terletak di Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Jumat ini (26/6/2020) diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Masjid bersejarah, karena keberadaanya tak lepas dari perjalanan TIM sebagai wadah para seniman berkreasi. Pembukaannya sudah ama ditunggu jamaah.

Sejak bangunan masjid lama dibongkar yang berada di belakang TIM, jamaah biasa melaksanakan aktivitas salat di basement Teater Kecil. Tentu saja kurang layak. Selain sempit juga posisinya yang kurang strategis.

Masjid yang berdiri sejak 43 tahun lalu itu, tak bisa dipisahkan dari TIM dan para seniman di Jakarta. Di masjid yang diresmikan Gubernur Ali Sadikin inilah, para jamaah dan seniman biasa menjalankan kewajiban sebagai muslim. Bahkan, sempat pula ada agenda pembacaan puisi setiap bulan Ramadhan yang disebut “tadarus puisi”.

Masjid Amir Hamzah yang selesai direnovasi ini mengambil konsep futuristik dan minimalis. Banyak jendela untuk memudahkan cahaya matahari masuk.

Pada Jumat (12/6/2020) lalu, sudah didakan salat Jumat perdana yang diisi oleh pekerja bangunan, pengurus masjid, dan warga sekitar yang jumlahnya kurang lebih 150 jamaah (dari 300 kapasitas). Mereka hadir dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Jika tak ada aral melintang, Jumat ini Anies Baswedan akan ikut salat jumat sekaligus meresmikannya.

(IMF/foto:jakpro)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid