Connect with us

Khazanah

Jangan Sia-siakan Keistimewaan Hari Jumat

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Banyak hadits yang menyebutkan keistimewaan hari Jumat. Hari Jumat adalah hari ketika umat Islam melaksanakan salat Jumat di masjid-masjid.

Bahkan, ada beberapa sekolah Islam dan pesantren yang meliburkan kegiatan belajar dan mengajarnya di hari Jumat.

Menurut Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya “Zaadul Ma’ad” memuat hadits-hadits keistimewaan hari Jumat. Setidaknya ada 33 kekhususan hari Jumat dari hari-hari yang lain.

Lalu Al Hafizh Suyuthi menulis kitab yang diberi judul “Al Lum’ah fi Khashoish Al Jumu’ah”. Dalam kitab ini dia menyebutkan hadits-hadits yang sangat banyak yang menerangkan keutamaan dan kekhususan Jumat. Menurutnya, ada 101 kekhususan Jumat dari hari selainnya.

Beberapa keistimewaan Jumat itu antara lain:

1.Hari Ied yang Berulang Setiap Pekan

Dari Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma berkata Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari ini (Jumat) Allah menjadikannya sebagai hari Ied bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang menghadiri shalat Jumat hendaknya mandi, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (HR. Ibnu Majah dan haditsnya dinyatakan hasan oleh Al Albani).

2.Diharamkan mengkhususkan berpuasa pada hari Jumat dan dimakruhkan mengkhususkan malamnya untuk shalat malam.
“Jangan kalian mengkhususkan berpuasa pada hari Jumat kecuali jika engkau juga berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan, Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam, beliau bersabda : “Jangan kalian mengkhususkan malam Jumat dari malam-malam lainnya untuk shalat lail dan jangan kalian mengkhususkan hari Jumat dari hari-hari lainnya untuk berpuasa kecuali jika bertepatan dengan waktu yang seseorang yang biasa berpuasa padanya” (HR. Bukhari dan Muslim,lafal hadits ini baginya)

3.Ada pula bacaan surat-surat yang biasa dibaca Nabi di hari Jumat. Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallohu alaihi wasallam membaca pada shalat shubuh di hari Jumat Alif Laam Miim Tanzil (surat As Sajdah) di rakaat pertama dan Hal Ataa ‘alal Insan Hiinun Min Ad Dahr Lam Yakun Syaian Madzkuura (surat Al Insan) (HR. Bukhari dan Muslim).

4.Pada hari Jumat ada waktu mustajab untuk berdoa. Dari Abu hurairah radhiyallohu anhu bahwa Rasulullah shallallohu alaihi wasallam bersabda tentang hari Jumat, “Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan memberikan permintaannya”. Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit. (HR. Bukhari dan Muslim) (IMF)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah