Connect with us

Khazanah

Jangan Mencari Musuh, Tapi Bila Bertemu Bertahanlah

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah mengatakan, “Nabi salalahu alaihi wasalam bersabda: Janganlah kamu berharap-harap bertemu musuh. Tetapi apabila kamu menjumpai mereka, maka bertahanlah.”

Hadits ini termaktib dalm kitab Al Lu’lu wal Marjan. Hasbi ash-Shiddieqy dalam menjelaskan hadits ini menyebutkan janganlah setiap muslim mengharapkan datangnya musuh apalagi sampai membanggakan diri siap sedia menyambut datangnya musuh. Atau siap sedia menyerang musuh. Karena tindakan tersebut merupakn ujub yang membinasakan amalan pahala.

Namun apabila bertemu musuh atu dihadang musuh, maka bertahanlah dengan segala daya upaya, tidak mundur, sambil terus mengharapkan pertolongan Allah.

Sebab bersabar dalam menghadapi perang adalah sendi kemenangan yang utama.

Dalam hadits lain disebutkan, “janganlah kamu berharap-harap bertemu musuh. Mohonlah afiat kepada Allah. Tetapi apabila kamu menjumpai musuh, maka bertahanlah dengan sabar dan ketahuilah bahwa syurga terletak di bawah bayang-bayang pedang.”

Menurut Hasbi, makna afiat dalam hadits tersebut adalah terpelihara dari segala yang tidak disenangi, baik mengenai badan maupun mengenai jiwa. Baik di dunia maupun di akhirat.

Kesimpulan dari hadits ini adalah agama melarang kita mengharapkan datangnya musuh. Apalagi dengan rasa congkak dan sombong. Tapi agama menganjurkan kita memperbanyak doa ketika berhadapan dengan musuh.

(IMF/foto: istimewa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah