Connect with us

Ragam

Istiqlal Siapkan 5000 Besek Bambu untuk Daging Kurban

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Himbauan dari Kementerian Lingkungan Hidup agar panitia kurban menyediakan besek bambu tempat daging, dilaksanakan Masjid Istiqlal. Masjid negara ini sudah menyiapkan 5.000 besek bambu untuk pembagian daging kurban pada Minggu (11/8/2019).

Selain besek bambu, disiapkan juga plastik sekali pakai. Menurut Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta, Laksamana Pertama TNI (Purn) Asep Saepudin, pihaknya akan menyiapkan plastik ramah lingkungan. “Ya, kami mengkuti imbauan itu insyaallah besok pertama menggunakan besek yang sudah rapi, dan kami sudah kami siapkan sekitar 5.000 besek, “katanya.

Istiqlal sudah mendata sekitar 40 ribu jiwa yang akan mendapatkan jatah daging kurban, sedangkan hewan kurban yang dititipkan terbatas yaitu 23 ekor sapi dan 9 kambing. “Sehingga nanti tentu ada skala prioritas pemilihan kantong-kantong yang betul-betul sangat memerlukan itu,” katanya.

Momen Idul Adha tahun ini memang punya makna khusus, yakni ajakan untuk menggunakan bahan ramah lingkungan seperti besek bambu, daun jati dan daun pisang sebagai pengganti kantung plastik.

Selain dari Kementerian Lingkungan Hidup himbauan juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Cukup berdampak, permintaan besek di beberapa pasar di Jakarta melonjak tajam. (IMF)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam