Connect with us

Sosok

Innalillahi, Gus Afthon Cicit Kiai Siddiq Jember Wafat

[JEMBER, MASJIDUNA]- Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Berita duka datang dari Jember. Pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Talangsari, Jember, Jawa Timur KH Afthon Ilman Huda atau akrab dipanggil Gus Afthon meninggal dunia, pada Minggu (8/11/2020) malam.

Salah satu pengasuh pondok pesantren Al-Fattah Talangsari, Jember KH Afthon Ilman Huda atau akrab disapa Gus Afthon berpulang ke ramhatullah, Minggu (8/11/2020) malam.

Informasi meninggalnya Gus Afthon ini tersebar melalui jejaring WhatsApp. Gus Afthon meninggal setelah melakukan perjalanan dari Banyuwangi. Almarhum dinyatakan meninggal pada pukul 22.30 Minggu (8/11/2020) malam.

Profil Gus Afthon termasuk salah satu cicit Kiai Muhammad Siddiq yang menonjol. Almarhum pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Jember.

Selain menjadi pengasuh pondok pesantren Al-Fattah Putri serta Majelis Salawat Aswaja, Gus Afthon juga seorang akademisi di kampus Universitas Islam Jember (UIJ), kampus yang pendiriannya diinisiasi oleh ayahandanya yakni almarhum KH Dhofir. Gus Afthon juga pernah menjadi Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jember.

Almarhum yang pada 2 November mendatang genap usia 56 tahun ini juga dikenal banyak menulis buku tentang tokoh NU seperti buku “Thoriqoh Sang Kiai” dan “Biografi Mbah Shiddiq Jember”.

Gus Afthon merupakan cicit dari KH Muhammad Sidiq dari jalur ibunya Nyai Zulaicho. Kiai Siddiq melahirkan tokoh penting NU seperti KH Ahmad Siddiq, KH Mahfudz Siddiq, dan lain-lain.

Almarhum dimakamkan pada Senin (9/11/2020) pagi ini di pekamakamn keluarga yang terletak di belakang lokasi Pondok Pesantren Al-Fattah, Talangsari, Jember.

[RAN/Foto:Internet]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok