Connect with us

Sosok

Innalillah, Ulama Kharismatik Abuya KH. Uci Thurtusi Wafat

[TANGERANG, MASJIDUNA] – Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Umat Islam Indonesia kembali berduka. Ulama kharismatik Abuya KH Uci Thrutusi meninggal dunia, pada Selasa (6/4/2021) pagi ini.

Abuya KH Uci Thurtusi diinformasikan meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) bakda subuh. Sejumlah grup Wahts’Ap dibanjiri ucapan duka atas meninggalnya ulama kharismatik ini. MASJIDUNA.COM belum mendapat informasi resmi dari pihak keluarga tentang informasi ini.

Sosok Abuya KH Uci Thurtusi merupakan penerus dari almarhum Abuya Dimyathi Cilongok yang mengasuh pengajian mingguan di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah yang terletak Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Pengajian tersebut diikuti oleh ribuan masyarakat.

Kegiatan lainnya, Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah juga kerap menggelar kegiatan rutin tahunan seperti maulid nabi, haul Syekh Abdul Qodir Jailani yang diikuti oleh ribuan jamaah.

Abuya KH Uci Thurtusi dikenal dekat dengan ulama NU seperti KH Abdurrahman Wahid dan Habib Luthfi. Seperti dikutip dari Wikpedia, Abuya Uci pernah bercerita saat berceramah tentang pertemuan dirinya dengan Gus Dur sebelum Presiden ke-4 RI itu meinggal dunia. “Gus Apa yang paling diinginkan oleh Gus? Baik di kala jadi Presiden atau setelah lengser presiden? ucap Abuya Uci.

Gus Dur menjawab pertanyaan Abuya tersebut “Saya inginkan adalah ketika saya wafat, istri, anak teman-teman dan sekitarnya mengirimkan al-Fatihah buat saya,” ucap Gus Dur ditirukan Abuya Uci.

Selamat jalan Abuya, amal baik Abuya akan menjadi amal jariyah yang tak putus-putus.

[RAN/Foto: internet]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok