Connect with us

Khazanah

Inilah Jadwal Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota Baznas di DPR

[MASJIDUNA, JAKARTA] – Uji kelayakan dan kepatutan calon anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dari unsur masyarakat akan dilaksanakan pada Senin (5/10/2020). Bagaimana jadwal uji kelayakan dan kepatutan tersebut?

Menurut salinan undangan kegiatan uji kelayakan dan kepatutan yang diterima MASJIDUNA.COM dari Komisi VIII DPR RI terungkap kegiatan uji kelayakan dan kepatutan itu akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzili mengungkapkan uji kelayakan dan kepatutan itu akan dilaksanakan dalam waktu satu hari saja. “Insya Allah satu hri selesai,” ujar Ace saat dihubungi MASJIDUNA.COM, Jumat (2/10/2020).

Dalam salinan undangan tersebut terungkap kegiatan uji kelayakan dan kepatutan itu itu hanya memiliki dua agenda yakni penyampaian bisi misi calon anggota Baznas serta penyusunan keputusan pertimbangan Komisi VIII.

Saat Ace ditanya mengenai jumlah calon anggota Baznas berjumlah delapan orang dan kebutuhan calon anggota Baznas dari unsur masyarakat juga berjumlah delapan orang, apakah secara otomatis kedelapan calon ini akan lolos, Ace enggan menjawabnya.

Sebagaimana maklum dalam UU No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Zakat, anggota Baznas terdiri dari 11 orang dengan rincian delapan orang dari unsur masyarakat (ulama, tokoh masyarakat dan profesional) serta tiga orang dari unsur pemerintah.

Berikut delapan calon anggota Baznas dari unsur masyarakat yang siap menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR:

  1. Noor Achmad (ulama): Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pertimbangan MUI Pusat. Ia juga menjadi gurubesar hukum Islam di Universitas Wahid Hasyim Semarang, sebelumnya ia menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019
  2. Muhammad Nadratuzzaman Hosen (Ulama): Menjadi anggota MUI Pusat dan saat ini menjadi dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  3. Mokhammad Makhdum (Profesional): Alumnus STAN Jakarta ini merupakan mantan Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta mantan Deputi Direktur Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan.
  4. Zainulbahar Noor (Profesional): Mantan diplomat dengan jabatan sebagai Duta Besar di Yordania ini juga merupakan Wakil Ketua Baznas. Ia juga pernah menjabat sebagai Mantan Direktur Utama Bank Muamalat
  5. Saidah Sakwan (Tokoh Masyarakat): merupakan mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB. Ia juga merupakan mantan komisioner Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU).
  6. Rizaludin Kurniawan (Tokoh masyarakat): Aktivis Muhammadiyah ini merupakan Direktur Perhimpunan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadawah Muhammadiyah (Lazismu).
  7. Nur Chamdani (Tokoh Masyarakat): Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  8. Achmad Sudrajat (Tokoh Masyarakat): Pengurus PBNU dan Ketua Lembaga AMil Zakat Infaq dan Shadaqah NU (LAZISNU)

[RAN/Foto: dpr.go.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah