Connect with us

Politik Islam

Inilah Daftar Anggota DPR Periode 2019-2024 Berlatar Belakang Kiai

JAKARTA, MASJIDUNA – Anggota DPR RI periode 2019-2024 bakal dilantik pada Selasa (1/10/2019) ini. Dari 575 anggota DPR yang terpilih, terdapat sembilan anggota DPR RI yang berlatar belakang kiai atau pengasuh pondok pesantren.

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 yang berlatar belakang kiai, pengasuh pondok pesantren, sebagaimana penelusuran MASJIDUNA berasal dari partai politik berasas Islam dan berbasis Islam. Seperti PPP, PKS, dan PKB. Kebanyakan berasal dari dapil di pulau Jawa. Para kiai atau pengasuh pondok pesantren rata-rata merupakan wajah lama yang telah menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Dari sembilan anggota DPR terpilih yang berlatar belakang kiai atau pengasuh pondok pesantren terdapat wajah baru seperti KH Rojih Ubab Maimoen Zubair (PPP/Jateng II) yang merupakan cucu almarhum KH Maimoen Zubair. Gus Rojih, demikian ia kerap disapa, menjadi salah satu pengasuh di Pondok Pesantren Al-Anwar 2 di Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Ia merupakan putera Gus Ubab, mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP.

Biasanya para kiai atau pengasuh pondok pesantren mendapat penugasan oleh fraksi yang menaunginya untuk mengisi pos di Komisi VIII yang membidangi urusan agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Berikut daftar lengkap anggota DPR RI Periode 2019-2024 yang berlatar belakang kiai yang bakal dilantik pada Selasa (1/10/2019) ini:

  1. Dr. K.H Surahman Hidayat (PKS/Jabar X)
  2. KH Asep A Maoshul Affandy (PPP/Jabar X)
  3. KH Thoriq HIdayat Lc (PKS/Jabar XI)
  4. KH Buchori Lc, MA (PKS/Jateng I)
  5. KH Muslich Zainal Abidin (PPP/Jateng VI)
  6. KH Aus Hidayat Nur (PKS/Kaltim)
  7. KH An’im Falachudin Mahrus (PKB/Jatim VI)
  8. KH Maman Imanulhaq (PKB/Jabar IX)
  9. KH Rojih Ubab Maimoen Zubair (PPP/Jateng II) [RAN]
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik Islam