Connect with us

Khazanah

Haul Sunan Bonang: Makam Dijaga, Alun-alun Tuban Padat

[TUBAN, MASJIDUNA] —Jika Anda bertandang ke Kabupaten Tuban dalam tiga hari terakhir ini, akan terasa kepadatan di sana. Misalnya, sejak dua hari lalu, para pengayuh becak kebanjiran rezeki sebab banyak penumpang yang ingin berziarah ke Makam Sunan Bonang yang terletak di bagian barat Masjid Agung Tuban, Kelurahan Kutorejo. Tahun ini merupakan haul yang ke-510. Saking banyaknya para peziarah, para tukang becak tidak bisa membawa penumpang sampai tempat parkir makam Sunan Bonang. Mereka terpaksa mengalihkan jalur untuk menghindari kepadatan.

Sementara para peziarah yang akan berjalan kaki, sudah disiapkan jalur khusus menuju makam. Makam Sunan Bonang sendiri sudah dijaga aparat sejak kemaren.

Sementara para pedagang kaki lima memang sudah membuka lapaknya sejak dua hari lalu atau jelang puncak haul yang rencananya akan digelar pada malam ini, Kamis (5/9/2019). Puncak haul akan dilangsungkan di alun-alun Tuban dengan serangkaian acara yaitu khitanan massal, tahlil akbar yang akan dipimpin oleh Habib Mustofa Umar Al Idrus dan dilanjutkan dengan pengajian umum yang akan disampaikan oleh KH Ahmad Muwafiq.

Pemerintah Kabupaten Tuban, setiap tahun memang menggelar perayaan haul sunan yang bernama Syekh Maulana Makdum Ismail itu. Bahkan, perayaan itu sudah menjadi tradisi masyarakat Tuban. Para peziarah yang datang bukan hanya dari Tuban tapi juga dari kota-kota lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Suasana meriah namun tetap rukun. Nah, silakan datang. (IMF)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah