Connect with us

Ormas

Hari Ini, Muhammadiyah Peringati Milad Ke-108

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Persyarikatan Muhammadiyah, ormas Islam besar di Indonesia, tepat pada 18 November 2020 ini berusia 108 tahun. Ormas Islam tertua di Indonesia ini telah banyak berkontribusi dalam aksi sosial dan pendidikan di Indonesia.

Organisasi Keagamaan Muhammadiyah, Rabu (18/11/2020) ini genap berusia 108 tahun merujuk penanggalan masehi. Muhammadiyah didiirkan di Yogyakarta pada 18 November 1912 atau bertepatan pada 8 Dzulhijjah 1330 H. Sosok penting di balik pendirian organsisasi ini ada figur yang menonjol yakni KH Ahmad Dahlan.

Muhammadiyah memiliki sejumlah badan otonom seperti Aisyiah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyaitul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadoyah, Hizbul Wathan, serta Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Dalam struktur Pengurus Persyariaktan Muhammadiyah terdapat sejumlah majelis seperti Majelis Tarjih dan Tajdid, Majelis Tabligh, Majelis Pendidikan Tinggi, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Majelis Pendidikan Kader, Majelsi Pelayanan Sosial, Majelis Ekonomi dan Kewriasudahaan, Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Majelis Pembina Kesehatan Umum, Majelis Pustaka dan Informasi, Majelsi Lingkungan Hidup, Majelis Hukum dan HAM, dan Majelis Wakaf dan Kehartabendaan.

Muhammadiyah banyak bergerak pada aksi-aksi sosial seperti di bidang kesehatan dan pendidikan. Tak sedikit kader Muhammadiyah tersebar dan bergerak di berbagai sektor publik. Mulai dari pejabat publik, aktivis sosial dan organisasi swasta. Kiprah Muhammadiyah dalam pembangunan masyarakat Islam Indonesia telah terbukti selama 108 tahun, jauh sebelum Indonesia merdeka. Tidak hanya berkiprah di kancah nasional, Muhammadiyah juga kerap hadir dalam kancah internasional.

Selamat Milad Ke-108 Muhammadiyah. Terus berkiprah untuk Islam Indonesia.

[RAN/Foto: internet]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ormas