Connect with us

Sosok

Hari Ini, 40 Tahun Lalu Bung Hatta Wafat

[JAKARTA, MASJIDUNA]-–Wakil Presiden pertama di era kemerdekaan Mohammad Hatta, pada 14 Maret 1980, menghembuskan nafas terakhirnya di RS Cipto Mangunkusumo. Bung Hatta, begitu biasa disapa, meninggal dalam usia 77 tahun setelah dirawat selama 11 hari.

Jasadnya terbaring tenang di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Dengan bangunan bergaya joglo, makam Bung Hatta terlihat menonjol dibandingkan kuburan lain yang ada di sana.

Sosok Bung Hatta bukan saja memberi inspirasi kepada rakyat Indonesia tentang perjuangan kemerdekaan. Namun juga pribadinya yang patut dicontoh. Salah satu kebiasaan sejak kecil adalah disiplin.

Dalam bukunya “Berjuang dan Dibuang”, Bung Hatta membeberkan bagaimana latihan disiplin dilakukan. Dia mengaku sejak mengenyam pendidikan formal paling awal, sudah terbiasa dengan banyak aktivitas seperti belajar, main sepak bola dan mengaji. Namun, disiplin itu datang dari kebiasaanya salat tepat waktu. Hingga lulus sekolah di Belanda, kebiasaan itu terus terpelihara. “Aku bagi kerjaku saban hari,” katanya.

Hatta telah tiada. Disiplin dan sikap jujurnya masih dikenal masyarakat sampai sekarang.

(IMF/foto: istimewa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok