Connect with us

Khazanah

Hadapi Corona, MUI Ajak Umat Islam Saling Bantu dan Perbanyak Wudhu

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Virus corona yang sudah masuk ke Indonesia disikapi sebagian masyarakat secara berlebihan dan kepanikan. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mengajak masyarakat agar tetap tenang, bersatu dan mengedepankan sikap saling membantu, menghindari saling berbantah dan menyalahkan. “Mari bersama-sama melakukan segala upaya untuk menangkal dan meminimalkan potensi penyebaran virus corona tersebut,” demikian rilis dari MUI yang disebarkan kepada media, Selasa (3/3/2020) yang ditandatangani oleh Sekjen MUI Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag dan Wakil Ketua Umum KH Mahyuddin Junaidi, MA.

Selain itu, MUI juga mengajak masyarakat untuk memperbanyak wudhu secara benar dan sempurna, khsusnya saat mencuci kedua tangan (ghaslul kaffaini) agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun agar diyakini lebih bersih, saat berkumur (tamadhmudh) dan saat membersihkan hidung (instinsyaq). Karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal virus corona.

MUI juga mengajak umat Islam untuk melakukan qunut nazilah (doa menangkal malapetaka) di setiap solat fardhu. Selama ini, doa qunut oleh sebagian masyarakat dibaca pada saat salat subuh. Qunut nazilah memang lazim dipraktekan ketika terjadi bencana yang sangat besar.

Terakhir, MUI mengajak umat Islam agar berpola hidup sehat dan islami mulai dari makanan, minuman, pakaian demi meraih ridha Allah, sesuai perintah agama, “Wahai manusia, makanlah apa yang Kami ciptakan di bumi dari segala yang halal dan yang tidak kami haramkan dan yang baik-baik.” (QS: Al-Baqarah 168).

(IMF/foto:MUI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah