Connect with us

Sosok

Gus Kikin, Pimpin Tebuireng Gantikan Gus Sholah

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Sepeninggal KH Sholahuddin Wahid alias Gus Solah, pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur digantikan oleh KH KH Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin. Estapet kepemimpinan di ponpes KH Hasyim Asy’ari ini ini sebenarnya sudah dibicarakan sejak 2016 silam. .   “Januari 2016 saya diminta Gus Sholah membantu beliau dan bersiap. Kalau terjadi suksesi, kami diminta melanjutkan. Termasuk suksesi beliau sudah menyiapkan. Saya banyak belajar dari beliau,” kata Gus Kikin di Pesantren Tebuireng beberapa waktu lalu.

Pemilihan ini dilakukan dengan mengundang seluruh anggota keluarga KH Hasyim Asy’ari.  Ada sekitar 200 lebih yang hadir. Saat itu semua yang hadir diminta menyebutkan sosok yang pantas menggantikan Gus Sholah.

 Gus Kikin adalah putra almarhum KH Mahfudz Anwar dan Nyai Hj Abidah Ma’shum. Dari jalur ibu, nasabnya bersambung kepada Nyai Hj Khoiriyah Hasyim, putri sulung Hadratus Syaikh KH M Hasyim Asy’ari yang diperistri KH Ma’shum Ali, ahli falak asal Gresik dan pengarang kitab Amtsilah Tasrifiyah, atau kakak kandung KH Adlan Ali Cukir.  Gus Kikin sendiri sebenarnya seorang pengusaha, pemilik PT Energi Mineral Langgeng (EML), sebuah perusahaan migas nasional yang diberi amanat mengelola South East Madura Block. Wilayah kerja yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) ini meliputi wilayah Sumenep dan Situbondo.

(IMF/foto:nuonline)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok