Connect with us

Khazanah

Gubernur Jabar Imbau Tangkis Corona dengan Wudhu

[BANDUNG, MASJIDUNA] — Gubernur Jawa Barat  M Ridwan Kamil mengajak umat Muslim di provinsi itu untuk menjaga wudhu sebagai salah satu upaya mencegah virus Covid-19 aliass corona. Menurutnya imbauan itu datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan bakal disebar ke penjuru wilayah Jawa Barat.

“Mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kesehatan, karena virus tidak akan masuk ke orang-orang yang badannya fit, dalam syariat Islam disyariatkan banyak berwudhu,” ujarnya sebagaimana dikutip MASJIDUNA dari laman Antara, Kamis (5/3).

Menurutnya, berdasarkan instruksi WHO agar masyarakat senantiasi menjaga kesehatan dengan mencuci tangan untuk mencegah virus corona. Dia pun meminta kepada Ketua MUI Jawa Barat Rahmat Syafi’i untuk menyampaikan ke ulama-ulama untuk menyampaikan ceramah kepada masyarakat agar mempercayakan penanganan wabah virus corona ke pemerintah.

“Karena pemerintah punya standar. Dan Provinsi Jabar punya pusat koordinasi dan informasi Covid-19 di Gedung Sate,” katanya.

Ketua MUI Jabar Rahmat Syafi’i mengatakan pihaknya akan segera menginstruksikan para ulama terkait imbauan kesehatan mencegah virus corona kepada masyarakat. “Jadi dakwahnya itu nanti misalnya tentang pentingnya memakan makanan yang sehat dan baik, itu ada dalam agama,” ujarnya.

Dia mengatakan di dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa menjaga jiwa tak kalah pentingnya selain menjaga agama. Karena itu, perintah agama yang wajib dilaksanakan. Sementara penjelasannya pun sesuai dengan profesional medis saja.

[KHA/Antara]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah