Connect with us

Pendidikan Islam

Gerakan Rumah Tanfidz Setiap Desa Diluncurkan

[RIAU, MASJIDUNA]  —  Berbagai cara agar setiap desa memiliki warga yang hafal Alquran terus dilakukan. Kali ini, Gerakan Rumah Tahfidz Setiap Desa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Program Desa Maju Inhil Jaya di luncurkan. 

Peluncuran gerakan tersebut diresmikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin,  dengan menandatangani prasasti, Jumat (30/8) kemarin.

“Atas nama Pemerintah, khususnya Kementerian Agama mengucapkan selamat kepada Bupati Inhil, karena setahu saya selama ini yang ada 1 provinsi atau kabupaten 1 rumah Tahfidz,” ujarnya.

Program 1 desa 1 rumah tahfidz  di Inhil menjadi  program pertama yang temui Muhammadiyah Amin  di Indonesia. Kendatipun Tahfiz diminati sejak 5 tahun belakang  terakhir, sejak Kemenag meluncurkan program Gemar Mengaji.

Dia yakin program yang diluncurkan itu bakal  menghasilkan hafidz/hafidzah utusan Inhil dalam berbagai even musabaqah dalam waktu tidak teralu lama. Muhammadiyah berjanji bakal menyampaikan ke Menteri Agama agar dapat mempopulerkan program tesebut.

“Karena ini program daerah yang sangat membantu pemerintah pusat,” ujarnya seraya tersenyum.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Riau, Mahyudin menambahkan, Pemerintah Riau dan Kemenag Riau  amatlah  mendukung program pembangunan keagamaan yang gencar dilakukan oleh Bupati Inhil. Terbukti  konsisten Bupati dalam memajukan sektor keagamaan di Inhil.

“Untuk itu kita berharap semua pihak masyarakat dan unsur pemerintah mendukung program ini secara penuh, sehingga bisa menghasilkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Sementara Bupati Inhil, Wardan berpendapat program 1 desa 1 rumah tahfidz menjadi syiar  di setiap desa. Khususnya untuk menghasilkan  hafidz/hafidzah disetiap desa yang terkelola secara profesional.

“Kami harap tidak hanya semangat diawal, tapi harus berkelanjutan. Karena ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan nilai- nilai alqur’an secara dini,” pungkasnya. [GZL]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam