Connect with us

Pendidikan Islam

Edukasi Masyarakat Ala Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

[YOGYAKARTA, MASJIDUNA] — Mengedukasi melalui cara-cara yang menghibur diharapkan dapat diterima pesan yang disampaikan masyarakat. Menonton bioskop terbiasa dilakukan di sebuah gedung dengan sound yang menggelegar. Namun cara itu digunakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Hanya saja, menonton bioskop dilakukan dengan menggunakan sebuah mobil. Bioskop keliling namanya. UMY melalui program bioskop keliling mengadakan pemutaran film di dusun Dermojurang, desa Seloharjo, kecamatan Pundong, Bantul (27/8).

Pemutaran film diselenggarakan untuk memeriahkan HUT RI ke 74 dan sebagai rangkaian penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMY di Dermojurang.

Dosen Ilmu Komunikasi UMY, Fajar Junaedi mengatakan bioskop keliling berfungsi sebagai media kampus yang rutin digelar memutar film bagi masyarakat. Tontonan pun menghibur dan edukatif.

Menurutnya, media kampus dimaksud dalam catur darma perguruan tinggi Perguruan Tinggi Muhammadiyah serta untuk praktikum mahasiswa dalam pengembangan kompetensi.

“Ratusan masyarakat Dermojurang antusias menonton film The Fabulous Udin dari Pusbang Film Kemendikbud yang diputar sebagai film utama, di samping beberapa film karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY,” ujarnya

Tampak antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah penonton yang hadir, hingga film selesai ditayangkan. Maklum, lama sudah tak ada pemutaran film di lapangan terbuka, menjadikan masyarakat kian antusias.

Kru bioskop keliling ini berasal dari mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Laboratorium Ilmu Komunikasi UMY. Dengan adanya kegiatan ini Fajar berharap mahasiswa dapat memiliki pengalaman dalam mengorganisasikan pemutaran film.

“Sekaligus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” pungkasnya. [GZL]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam