Connect with us

Sosok

Dua Presiden RI Meninggal di Bulan Muharam

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Dua presiden Republik Indonesia ditakdirkan meninggal dunia di bulan Muharam. Di bulan Muharam pula tercatat dalam sejarah Islam dan agama-agama samawi terdapat sejumlah peristiwa besar.

Dua presiden Republik Indonesia (RI) yakni Presiden ke 3 RI BJ Habibie dan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid meninggal di bulan yang sama yakni di bulan Muharam menurut penanggalan hijriyah.

Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) petang pukul 18.05 atau bertepatan pada 11 Muharam 1441 Hijriyah. Sedangkan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid meninggal dunia pada hari Kamis (30/12/2009) petang pukul 18:45 atau bertepetan pada tanggal 14 Muharam 1431 Hijriyah.

Ibnu Bathal dalam Syarah Shahih Bukhari mengungkapkan di bulan Muharam tepatnya di tanggal 10 Muharam terdapat peristiwa penting yang terjadi dalam tradisi agama-agama samawi. Seperti Nabi Adam diterima taubatnya oleh Allah, kapal Nabi Nuh terdampar di daratan, Nabi Yusuf dikeluarkan dari sumur. Semua peristiwa itu terjadi di tanggal 10 Muharam.

Begitu juga nabi Yunus keluar dari ikan Hiu bertepatan pada tanggal 10 Muharam. Nabi Isa lahir dari rahim Siti Maryam juga pada tanggal 10 Muharam, tak terkecuali nabi Musa selamat dari kejaran pasukan Fir’aun juga di tanggal 10 Muharam.

Bagi masyarakat Indonesia, bulan Muharam secara kebetulan juga menjadi peristiwa penting yakni berpulangnya mantan Presiden RI ke haribaannya tepat di bulan Muharam. Semoga jasa para pemimpin Indonesia berbuah menjadi amal salih. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sosok