Connect with us

Pendidikan Islam

Dibuka Tahun Ini, UIII Akan Jadi “Green Campus”

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat siap menerima pendaftaran mahasiswa pada Septemner 2020 ini. Saat beroperasi nanti, kampus ini akan menjadi green campus (kampus hijau) yang indah.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat datang meninjau proses pembangunan, Jumat (24/1/2020) berjanji akan menjadikan kampus kebanggaan umat Islam Indonesia sebagai kampus yang mengedepankan aspek pelestarian lingkungan.

“Sebagian (proses pembangunan) sudah selesai sesuai rencana. Insya Allah ini akan menjadi satu kampus yang indah. Kampus yang hijau. Green Forested Campus,” kata Kalla.

Pasalnya menurut Wakil Presiden Kabinet Kerja ini, sejak awal pembangunan kampus di atas areal seluas 142,5 Ha ini memang di desain dengan mengedepankan semangat ramah lingkungan atau green campus.

Misalnya, kata Kalla, ada beberapa danau yang dibangun. “Kemudian untuk bangunan, hanya kita bangun tidak lebih dari 20 persen (dari total areal 142,5 Ha),” jelas Kalla yang juga didampingi Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan konsep masterplan pembangunan UIII setidaknya ada tujuh prinsip yang digunakan. Yaitu, mempertahankan keindahan yang abadi, epystemic community, pedestrian environment, bicycle environment, futuristic, iconic, menjadi pusat peradaban, dan menyatu dengan alam.

Sementara, Menteri Agama Fachrul Razi berharap keberadaan Kampus UIII akan membawa perubahan besar bagi dunia islam. Karena saat ini menurutnya, banyak pihak yang ingin belajar tentang islam di Indonesia. “Operasionalnya Kampus UIII ini sudah banyak yang menunggu. Banyak yang ingin belajar islam di sini. Akan lebih menarik lagi, karena kampus ini memang dibangun dengan konsep green campus dan sangat futuristik,” tutur Menag.

(IMF/foto:kemenag.go.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam