Connect with us

Ekonomi Islam

Darul Qur’an Dorong Literasi Zakat di Luar Ramadhan

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Literasi kewajiban akat umat agar dapat ditunaikan secara rutin di uar ramadhan gencar dilakukan  Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Quran. Demikian disampaikan Direktur Utama PPPA Darul Qur’an Abdul Ghofur di Jakarta, Selasa (11/2).

“Literasi zakat dan wakaf pelu didorong,” ujarnya sebagaimana dikutip MASJIDUNA dari laman Antara.

Menurutnya, umat muslim  perlu memahami tentang menunaikan zakat tak hanya di bulan ramadhan saja. Namun terdapat kewajiban zakat lain yang ada baiknya ditunaikan di waktu selain ramadhan.Seperti zakat profesi, zakat mal, zakat pertanian dan sebagainya.

Dia menilai, kecenderungan masyarakat dalam membayar zakat profesi menunggu memenuhi syarat zakat. Yaitu waktu kepemilikan (haul) satu tahun dan dibayar pada Ramadhan. Padahal, zakat profesi sejatinya dapat dibayarkan langsung setiap bulan ketika individu terkait menerima gaji.

Dikatakan Ghofur,  dalam menggencarkan literasi pihaknya melakukan publikasi melalui berbagai saluran. Mulai bermitra dengan lembaga zakat, menjalin “endorsement” dengan figur publik dan hal terkait lainnya. “Kami juga bermitra di Forum Zakat di dalamnya ada 143 lembaga dan Forum Wakaf Produktif dengan 22 lembaga,” ujarnya.

Tak kalah penting dari literasi zakat, tambah dia adalah pentingnya membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat. Menurutnya sebagai unsur yang  menjembatani antara  kaya dengan yang kurang beruntung,  Ghofur berupaya terus mengumpulkan dan mendistribusikan zakat secara tepat sasarab.

“Dan tepat guna untuk delapan asnaf atau golongan penerima zakat,” pungkasnya.

[AHR/Antara/foto:bengkulutoday]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi Islam