Connect with us

Ragam

Daging Kurban Picu Kolesterol, Ini Resep Menurunkan Ala “Jurus Sehat Rasulallah”

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Idul adha identik dengan berlimpahnya daging kambing dan sapi. Daging merah merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol. Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol?

Dikutip dari Instagram dr.Zaidul Akbar, dokter yang mengkampanyekan “Jurus Sehat Rosulullah” serta hastag #resepjsr yang mendorong masyarakat hidup sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang menyehatkan.

Salah satu resep untuk menurunkan kadar kolesterol berasal dari bahan-bahan alami yakni 3 wortel, 2 batang selederi, 1 buah jeruk, 1 buah lemon, 1,5 jempol dewasa kunyit, 1 jempol dewasa jahe, 1 kate besar 1/4 sendok teh lada hitam. Seluruh bahan-bahan alami tersebut diblender dengan dicampur air sedikit serta bisa ditambahkan madu.

Selain itu, untuk menghindari konsumsi daging yang menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol, MASJIDUNA mengutip dari akun @gulakongindonesia memberi tips agar tetap sehat dalam mengonsumsi daging dalam perayaan idul adha ini. Berikut tipsnya:

  1. Pilih daging yang bebas lemak, bagian paha atas merupakan bagian daging yang kandungan lemaknya paling sedikit. Buang bagian daging yang berlemak, hal ini dilakukan dengan menghilangkan serat mirip garis putih, atau gajih yang nampak pada daging saat masih mentah.
  2. Menyajikan daging dangan banyak makanan yang mendung serat, misalnya: kentang, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan
  3. Gunakan Gula Murni Singkong dari Gulakong dan bumbu alami. Batasi, jika mungkin penggunaan bumbu kemasan siap saji, garam, lemak, santan kental, kecap, atau gula berlebihan pada sajian masakan dari daging agar asupan gula, garam dan lemak dalam tubuh tidak berlebihan.
  4. Membatasi porsi konsumsi daging dalam sehari. Dan segeralah minum air lemon (penghilang lemak)

Resep di atas boleh juga dicoba agar perayaan idul adha Anda tetap sehat dan ibadah tetap lancar. Di samping resep tersebut, olahraga yang teratur juga akan mengurangi potensi kolesterol akibat mengonsumsi daging yang berlebih. Selamat mencoba. [FAR]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam