Connect with us

Khazanah

Buku Pedoman Rancangan Arsitektur Masjid Naik Cetak

[JAKARTA, MASJIDUNA]  —-  Membangun sebuah masjid, tentu dirancang dengan gaya bangunan yang bermacam-macam. Ada pula yang menginginkan bangunan masjid bergaya unik. Dalam rangka merancang sebuah bangunan masjid yang diinginkan, terdapat buku pedoman dalam merancang arsitektur masjid yang sudah siap naik cetak.

Ketua Departemen Komunikasi, Informasi, Pengembangan Arsitektur dan Infrastruktur Masjid, Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia, Achmad Sugiharto mengatakan buku berjudul ‘Pedoman Rancang Bangun Arsitektur Masjid di Indonesia bakal naik cetak.

Sebanyak 1000 eksemplar bakal didistribusikan nantinya ke 1000 masjid di seluruh Indonesia. Buku yang ditulis bersama DMI dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) itu.  Informasi tersebut didapat setelah dia bersilaturahim dengan Jusuf Kalla.

 “Alhamdulillah, Bapak Jusuf Kalla Ketua Umum DMI telah setuju untuk mencetak buku Pedoman Rancang Bangun Arsitektur Masjid di Indonesia sebanyak 1000 eksemplar,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman DMI, Kamis (22/8).

Selain soal buku, kata Achmad, Jusuf Kalla pun menyetujui dengan pelan aplikasi DMI untuk menyalurkan infaq digital di sejumlah masjid. Program tersebut pun bakal  bekerjasama dengan aplikasi milik perusahaan transportasi online Gojek, yakni Go-pay.

Terkait dengan rencana pembuatan kartu identitas anggota dan pengurus DMI, pucuk pimpinan dewan masjid tersebut pun mendukungnya. Rencananya, pembuatan kartu bakal bekerjasama dengan himpunan perbankan syariah.

Sebagaimana diketahui, pertemuan dengan Jusuf Kalla merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya, antara pengurus DMI dengan perwakilan pimpinan Bank. Antara lain Bank Syariah Mandiri, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Nasional Indonesia Syariah, serta Bank Tabungan Negara. [KHA]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah