Connect with us

Khazanah

Buka MTQ Nasional 2020, Presiden Sebut Al-Qur’an Sumber dan Pedoman Hidup Sepanjang Masa

[PADANG, MASJIDUNA] – Presiden Joko Widodo resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional ke-XXVIII tahun 2020. Presiden menyebut MTQ sebagai sarana untuk membumikan Al-Qur’an.

MTQ Nasional 2020 dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo melalui platform digital. Dalam sambutannya presiden menyebutkan kegiatan MTQ merupakan sarana untuk membumikan Al-Qur’an yang menjadi pedoman serta petunjuk dalam menjalani kehidupan bermasayarakat dan bernegara.

“Bagi kaum muslimin, Al-Qur’an merupakan sumber dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif,” kata Presiden dalam pembukaan MTQ Nasional 2020 di Stadion Utama, Sumatera Barat, Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) malam.

Lebih lanjut Presiden juga menyebutkan Al-Quran juga mengajak umat manusia untuk bekerjasama dalam kebaikan dan ketaqwaan. Selain itu, imbuh Presiden, dalam menjalankan Al-Qur’an patut meneladani Nabu Muhammad SAW. “Di antara kemuliaan akhlak Nabi yang ialah menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama,” tegas Presiden.

Pembukaan MTQ Nasional XXVIII tahun 2020 di Stadion Utama Sumatera Barat dihadiri oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Gubernur/Wakil Gubernur atau yang mewakili, perwakilan peserta dari 32 provinsi, serta tamu undangan dan disambut secara antusias oleh masyarakat sekitar.

[RAN/Bimas Islam]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah