Connect with us

Khazanah

Bimbingan Perkawinan Bakal Melalui Daring

[JAKARTA, MASJIDUNA] —  Pandemik Covid-19 membuat banyak ketidakpastian. Termasuk soal pelaksanaan penyelenggaraan bimbingan perkawinan  (Bimwin). Dalam mengatasi hal tersebut, bimbingan perkawinan bakal dilakukan secara daring

Demikian disampaikan Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Kemenag, Adib Machrus. “Oleh karenanya di masa pandemi ini, Ditjen Bimas Islam sedang memempersiapkan program bimwin secara daring,” ujarnya di Jakarta, Rabu (02/09).

Menurutnya, layanan pencatatan nikah tetap berlangsung. Sejalan dengan itu, pihaknya juga terus berupaya agar program bimwin Calon Pengantin (Catin) yang merupakan bagian dari rangkaian layanan pencatatan nikah tetap dapat dilaksanakan.

Dikatakan Adib Binwin perlu diikuti oleh calon pengantin. Sebab, program tersebut memberi bimbingan dan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan hidup dalam berumahtangga.

Dia menjelaskan, Binwin diampu oleh fasilitator yang sudah terlatih. Yakni penghulu dan penyuluh KUA, tenaga kesehatan, PLKB, atau praktisi perkawinan dan keluarga. Program bimwin nantinya bakal dilaksanaknan di KUA Kecamatan dan Kemenag kabupaten/Kota secara daring

Bagi mereka yang telah mendaftar di KUA, bakal dibuat grup Whatssapp p dengan jadwal yang disepakati dengan calon pengantin. Dalam WA Grup, nantinya bakal diikuti 40 pasang calon pengantin dan seorang fasilitator. Dia  berharap pertengahan September sudah dapat dimulai secara nasional dan bakal dievaluasi secara berkala penerapan bimwin secara daring.

“Kami berharap para calon pengantin dapat mengikuti program ini meski secara daring,” pungkasnya.

[AHR/Kemenag/ilustrasi; Dream.co.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah