Connect with us

Pendidikan Islam

Bersarung dan Berkopiah, Santri Sidogiri Gelar Upacara HUT RI

[PASURUAN, MASJIDUNA] – Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur pada 17 Agustus 2019 ini menggelar upacara kemerdekaan HUT ke 74 Republik Indonesia di lapangan pondok pesantren.

Upacara bendera yang diikuti oleh santri Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur itu diikuti oleh ribuan santri dengan kostum khas santri yakni mengenakan sarung warna hijau, baju putih atau boju kok serta kopiah warna hitam. Tidak hanya santri, pembina upacara juga mengenakan kostum serupa. Bedanya, pembina upacara dan beberapa peserta tampak mengenakan kopiah berwarna putih.

Para petugas upacara seperti pemimpin upacara, pembina upacara serta pengibar bendera merah putih juga mengenakan seragam serupa yakni bersarung, berkopiah dan baju koko khas santri. Pembaca acara upacara tampak terdengar suara santri pria yang membacakan susunan kegiatan upacara.

Kendati pasukan pengibar bendera menggunakan kostum khas santri namun tak mengurangi kekompakan petugas pengibar bendera. Langkah tegap para pertugas semakin enak dipandang karena para petugas pengibar bendera ini dilengkapi kain warna hijau yang dislempangkan di tubuh setiap petugas.

Pembina upacara kegiatan tersbeut oleh Ketua II Pesantren Sidogiri Pasuruan A Syaifullah Muhyidin. Sedangkan pemimpin upacara dipimpin oleh Ahmad Zaini Sarbini. Pemandangan upacara tersebut MASJIDUNA, lihat pada Sabtu (17/8/2019) melalui akun Youtube resmi Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur melalui siaran langsung. [FAR]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam