Connect with us

Pendidikan Islam

Beramaliyah, Siswi Madrasah Mu’allimat Mengajar Tahfidz

[YOGYAKARTA, MASJIDUNA] — Mencetak kader pendidik dan pemimpin dari kalangan putri muslim terus digalakan Madrasa Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Buktinya, madrasah tersebut melibatka para siswi dalam membantu pelaksanaan kelas tahfidz di SD Muhammadiyah Ngupasan.

Sebagaimana dikutip MASJIDUNA dari laman Muhammadiyah, kegiatan yang berlangsung sejak Desember 2019, digelar saban Jumat mulai pukul 6 hingga 7 pagi. Setidaknya dapat digelar sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Salah satu siswi Madrasah Mu’allimat, Alivia Faiza namanya. Dia mengatakan, kelas tahfidz  bertujuan menumbuhkan minat siswa SD  Muhammadiyah Ngupasan dalam menghapal  dan membaca surat-surat pendek dengan baik dan benar. 

Tak hanya itu, kegiatan tersebut menjadi sarana bagi siswi -siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengamalkan dan membagi ilmu yang telah mereka dapatkan baik di Madrasah maupun di asrama. Saban Jumat, secara  bergantian sejumlah 20 siswi dikirim untuk mengajar kelas tahfidz di SD Muhammadiyah Ngupasan.

Dalam kegiatan ini, para siswa SD Muhammadiyah Ngupasan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan 1 tenaga pengajar di setiap kelompok. Aktivitasnya, mengajarkan membaca surat-surat pendek dengan benar. Sementara siswa menirukan dan kemudian menyetorkan hafalannya masing-masing. Di setiap akhir sesi, para pengajar mengajak para siswa untuk mengulang kembali hafalan yang sudah mereka hafalkan (muroja’ah).

Program kelas tahfidz ini mendapatkan apresiasi dari kedua pihak sekolah baik dari Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta maupun SD Muhammadiyah Ngupasan. Guru Agama SD Muhammadiyah Ngupasan, Aprint mengatakan pihak sekolah senang dengan adanya keterlibatan siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam program kelas tahfidz ini.

“Saya berharap siswi Mu’allimaat bisa memaklumi dan bersabar dalam menghadapi para siswa dari SD Muhammadiyah Ngupasan. Semoga kerjasama ini dapat terus berlangsung, mengingat besarnya manfaat positif dari kegiatan ini,” tukasnya.

[KHA/ Muhammadiyah/foto: muallimat.sch.id]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam