Connect with us

Pendidikan Islam

Begini Cara Santri Al Mu’min Muhammadiyah Belajar Dakwah

[TEMANGGUNG, MASJIDUNA] — Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menerjunkan 67 santrinya untuk berdakwah dalam program Praktik Dakwah Lapangan (PDL). Terdiri atas 30 peserta laki-laki dan 37 peserta perempuan sukses melakukan PDL mulai tanggal 28 Desember 2019 sampai 06 Januari 2020.

“PDL adalah program unggulan di MTs Al-Mu’min selain itu PDL juga berfungsi untuk melatih kemandirian santri dan kerjasama santri di lokasi yang jauh dari orang tua dan guru-guru mereka,” ujar Kepala MTs Al-Mu’min, Samsul sebagaimana dilansir dari laman Muhamamdiyah.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah ranting yang terdapat pada masing-masing kecamatan. Sebelum pemberangkatan ke lokasi PDL, mereka diberikan bimbingan secukupnya untuk dapat membaur dan memberikan manfaat untuk warga sekitar, misal mengajar TPQ, membantu warga, bahkan beberapa santri mengaku juga turut membantu kakek nenek yang telah lanjut usia namun tetap semangat untuk belajar Al-Qur’an.

“Harapannya para santri mampu mengaplikasikan kegiatan yaumiyah mereka di lokasi PDL, sehingga nilai-nilai pesantren yang telah mereka dapatkan betul-betul diterapkan saat terjun ke masyarakat,” ujar ketua panitia PDL Angkatan ke-VII MTs Al-Mu’min, Zainal Muttaqien.

Kegiatan santri sepanjang di pondok membentuk karakter dan kebiasaan santri. Sehingga ketika para santri diterjunkan untuk berdakwah sudah tidak kaget lagi untuk bisa melaksanakan berbagai kegiatan. Selain mampu memberi warna di TPQ-TPQ, para santri dinilai memiliki kemandirian, kemampuan, supel, ramah, ikhlas, berkarakter, dan selalu siap dengan tugas apapun.

[Sumber: Muhammadiyah]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam