Connect with us

Khazanah

Baznas dan Dompet Dhuafa Bantu Korban Banjir Jakarta

[JAKARTA, MASJIDUNA]–-Hujan yang mengguyur Jabodetabek menyebabkan banji di mana-mana. Jakarta termasuk yang mendapatkan limpahan air banjir terparah sehingga banyak warga yang mengungsi. Beruntung sejumlah lembaga kemanusiaan langsung turun tangan. Setidaknya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Domper Dhuafa yang langsung menurunkan bantuannya.

Seperti terlihat dalam proses evakuasi korban banjir di Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, pada Jum’at (19/1). Di Cipinang Melayu, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Jumat dinihari membuat tujuh RT di RW 04 tergenang banjir. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 sentimeter sampai dua meter.

Sementara itu di Pondok Gede Permai, tanggul yang jebol beberapa hari sebelumnya ditambah curah hujan yang tinggi membuat Sungai Cileungsi dan Cikeas meluap, yang menyebabkan banjir hingga setinggi lebih dari satu meter. Baznas menerjunkan belasan personel, mobil ambulans, mobil rescue, serta perahu karet untuk mengevakuasi korban yang tertahan di rumahnya.

“Baznas langsung menerjunkan tim sejak pagi hari untuk membantu proses evakuasi warga yang terdampak banjir bersama tim gabungan lainnya. Guna proses evakuasi yang maksimal, Baznas menurunkan perahu karet untuk membantu evakuasi warga yang terjebak di rumahnya,” ujar Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan dalam siaran persnya, Jum’at (19/2).

Demikian pula dengan relawan Dompet Dhuafa yang tampak mengevakuasi jenazah warga menuju tempat yang aman dari kepungan banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Jumat, (19/02).

Seperti halnya dengan Baznas, Dompet Dhuafa pun langsung mendatangi para korban. Dengan menggunakan perahu karet, para relawan tak kenal cuaca dan hujan yang mengguyur mereka terus mencari warga yang membutuhkan bantuan.

(IMF/foto: Baznas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah