Connect with us

Safa Marwah

Arab Saudi Siapkan Aturan Umrah

[JAKARTA, MASJIDUNA]—Arab saudi akan membuka pelaksanaan umrah pada Minggu (4/10/2020) mendatang. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan mengaja protokol kesehatan, beberapa aturan sudah disiapkan.

Salah satunya, Kementerian Arab Saudi memberikan izin jamaah untuk bisa melakukan umroh dua kali. Syaratnya, ada jarak 14 hari sejak umroh pertama.

Menurut Kepala Perencanaan dan Petugas Strategi Kementerian, Dr Amr Al-Maddah, mengatakan, masa tunggu 14 hari itu untuk memberikan kesempatan kepada semua orang, agar bisa menunaikan umroh sejalan dengan tindakan pencegahan yang diperlukan akibat virus corona.

Pada tahap pertama, jamaah akan melakukan umroh pada enam waktu yang berbeda dalam sehari, masing-masing diberikan kesempatan melakukan umroh jamaah tiga jam.

Kemudian antara Maghrib dan shalat Maghrib, jamaah tidak diperbolehkan umroh. Karena dialokasikan untuk dilakukan pembersihan dengan disinfektan. “Jamaah akan mulai melakukan umroh pada tengah malam, dengan tempat didesinfeksi sebelum kedatangan setiap kelompok,” ujarnya.

Lalu setiap kelompok akan didampingi pengawas yang akan memastikan jamaah mematuhi jarak sosial, dan mengikuti instruksi dan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Ruang isolasi juga telah disediakan di hotel-hotel untuk menangani kemungkinan jamaah yang memiliki gejala.

Sejauh ini sudah ada 35 ribu pendaftar umroh.

(IMF/foto: istimewa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Safa Marwah