Connect with us

Pendidikan Islam

Anak Madrasah Berprestasi Lagi, Juara Olimpiade Matematika

[KUDUS, MASJIDUNA]-–Anak madrasah memang bukan anak buangan. Terbukti banyak yang sudah berprestasi. Kali ini datang dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kudus, Jawa Tengah. Adalah Rasyif Aulia Mahmud yang menggondol gold secondary 2, dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) di City University Of Hong Kong.

HKIMO adalah ajang perlombaan matematika level internasional, yang bertujuan untuk mempromosikan olimpiade matematika di seluruh dunia. Ada lima topik utama yang dilombakan dalam ajang tersebut, yaitu: berpikir logis, aritmatika/ aljabar, teori angka, geometri & kombinatorik. Babak Final diselenggarakan 30 Agustus hingga 2 September 2019 di City University Of Hong Kong.

Babak final HKIMO diikuti oleh 30 negara. Delegasi dari Indonesia berjumlah 150 peserta yang tersebar dari berbagai daerah di wilayah Indonesia.

Rupanya, ini bukan yang pertama Rasyif menerima penghargaan. Setidaknya, sudah sepuluh kali menjuarai lomba matematika di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Bahkan pada tanggal 15-21 September 2019, Rasyif akan maju lagi di tingkat nasional dalam rangka KSM Kementerian Agama RI mewakili Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, saya bersyukur atas prestasi Rasyif. Karena, prestasi ini kali pertama mengikuti lomba di kejuaraan tingkat internasional. Perolehan tersebut tak lain dari hasil perjuangannya dalam mengikuti berbagai lomba,” ujar Kepala Sekolah MTsN 1 Kudus Taufiq Hidayat, Senin (02/09/2019).

Diceritakan Taufik, berdasarkan perolehan nilai matematika, Rasyif termasuk peserta yang mampu meraih skor di atas angka 120. Menurut aturan lomba, peserta yang berhasil melampaui skor 120 itulah yang mendapatkan award sebagai gold secondary 2. (IMF)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan Islam