Connect with us

Khazanah

Amazing Muharam, Padu Training, Motivasi dan Mengaji Jadi Dakwahtainment

[JAKARTA, MASJIDUNA] Pergantian tahun baru Islam menjadi tanda kegiatan Amazing Muharam berlangsung. Kegiatan yang diinisiasi Cinta Qur’an Foundation kini telah mencapai delapan kota. Padahal sebelumnya hanya tiga kota. Kini, kegiatan ini benar-benar amazing.

Tujuh tahun gelaran Amazing Muharam mulanya hanya digelar di tiga kota; Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Namun, sejak tahun 2019 ini, momentum tahun baru Islam 1431 Hijriyah ini, gelaran Amazing Muharam meluas hingga delapan kota. Kota-kota baru yang dijelajahi kegiatan ini yakni Bali, Surabaya, Medan, Makassar, dan Pekanbaru.

Head Porject Amazing Muharam Sony Herlambang mengatakan konsep yang digunakan kegiatan Amazing Muharam memadu konsep dakwah, training, seminar dan entertainment menjadi satu. “Tapi tetap dalam kordior aturan Islam,” ujar Sony saat berbincang dengan MASJIDUNA, Rabu (28/8/2019).

Menurut Sony, bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat banyak manfaat mulai dari motivasi diri, ilmu pengetahuan keislaman. Target utamanya, sambung Sony, mengajak masyarakat untuk berhijrah secara bersama-sama. “Karena kalau hijrahnya sendiri, mungkin sekarang hijrah, nanti malam nakal lagi. Besok baik lagi, nanti kembali ke masa lalu. Makanya kita ajak bersama-sama,” tambah Sony.

Jejak rekam Amazing Muharam selama tujuh tahun terakhir ini cukup positif. Setidaknya, rata-rata peserta gelaran setiap event di tiga kota tersebut mencapai angka yang fantastis yakni di angka 10 ribu peserta. “Kita sengaja mengambil momentum muharam, kita rayakan untuk perbaikan dan perubahan,” sebut Sony.

Saat ditanya dengan stigma negatif yang sempat mencuat terkait dengan kegiatan bertemakan hijrah yang dilekatkan dengan gerakan radikalisme, Sony menjawabnya santai. Dia tidak ambil pusing dengan tudingan tersebut. “Itu hanya pandangan orang luar, orang yang ingin memanfaatkan momentum karena banyaknya orang yang hijrah. Islam tidak begitu kok, Islam itu baik, Islam itu lembut dan penuh kasih sayang,” urai Sony.

Amazing Muharam yang memasuki tahun ke-8 ini, kali ini mengambil tema Hijrah dan Ukhuwah. Tema tersebut diambil untuk menegaskan pentingnya persatuan dan hijrah bagi umat Islam di Indonesia. “Islam harus bersatu. Makanya, narasumber yang kita hadirkan dari berbagai latar belakang ormas, seperti ada Gus Miftah, ada juga ustadz Tengku Zulkarnaen dan masih banyak lagi yang lain,” tambah Sony.

Kegiatan Amazing Muharam ini, kata Sony, menyasar kelompok menengah ke atas. Menurut dia, kegiatan Amazing Muharam penyelenggara menyedian tiga jenis tiket. Seperti platinum dibanderol Rp 1 juta, gold Rp 500 ribu dan silver Rp 150 ribu. Soal besaran biaya, Sony menyebutkan harga tersebut untuk biaya operasional sekaligus untuk mendukung kegiatan Cinta Qur’an Foundation salah satunya memberantas buta aksara Al-Qur’an.

“Misalnya membeli tiket platinum, duduk paling depan, makanan dapat, sembari membantu program kita memberantasan buta huruf al-Qur’an. Berapa banyak orang yang bisa membaca al-Quran karena wasilah kegiatan ini? sebut Sony.

Kegiatan Amazing Muharam tahun ini dimulai di Medan, Sumatera Utara pada 31 Agustus 2019 mendatang di Medan International Convention Center. Makassar 7 September, Pekanbaru 8 September, Yogyakarta 14 September, Surabaya 15 September, Bandung 21 September, Jakarta 22 Septemebr dan terakhir di Bali 29 September. Ingin mengetahui detail tentang kegiatan ini? silakan cek kegiatan tersebut di laman www.amazingmuharram.com. [RAN]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah