Connect with us

Ragam

Pemprov DKI Sertifikasi Ribuan Petugas Potong Hewan Kurban

[MASJIDUNA, JAKARTA] — Pemerintah DKI Jakarta bersama MUI dan Halal Science Center IPB telah memberikan pelatihan serta pemberian sertifikat kepada 1.110 petugas potong hewan yang tersebar di 1.001 masjid di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sebanyak 1.110 petugas potong hewan di Jakarta telah mengikuti pelatihan dan mengantongi sertifikat. Tidak hanya berlatih soal cara memotong hewan dengan benar, namun juga memotong sesuai ajaran Islam.

“Dengan ada sertifikat pelatihan potong hewan Insya Allah nantinya kita bisa secara resmi mengatakan bahwa petugas potong hewannya terampil, handal, profesional dan sesuai dengan syariat,” tulis Anies melalui akun media sosialnya, Selasa (30/7/2019).

Anies berharap langkah yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta ini dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya. Ia juga berharap pelaksanaan Idul Adha tahun 2019 yang bakal digelar pada 11 Agustus 2019 mendatang dapat berjalan dengan lancar. “Kita ingin nanti Jakarta menjadi contoh,” harap Anies.

Selain melakukan pelatihan dan sertifikasi, Pemprov DKI Jakarta juga memastikan hewan-hewan yang tersebar di wilayah DKI Jakarta telah melalui pemeriksaan sehingga dipastikan hewan kurban sehat. Pemprov menggandeng sejumlah pihak untuk memastikan kesehatan hewan kurban seperti sudin KPKP Pemprov DKI Jakarta, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang DKI Jakarta, dan Kementerian Pertanian.⁣

Sebelumnya, Pemprov DKI juga menghimbau saat pelaksanaan Idul Adha agar menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan menghindair penggunaan plastik yang sekali pakai. “Tahun ini kita menggalakkan agar warga menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Hindari penggunaan plastik sekali pakai, apalagi plastik yang berwarna hitam,” tambah Anies.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam