Connect with us

Khazanah

Akun YouTube “Pecinta Gus Javar” Tutup!

[JAKARTA, MASJIDUNA] – Akun YouTube atas nama “Pecinta Gus Javar” yang selama ini kerap mengunggah aktivitas Javar, pria asal Gayam, Pasuruan yang memiliki prilaku nyeleneh, sejak 24 Oktober 2020 lalu telah berganti akun. Nama akun dari “Pecinta Gus Javar” berganti menjadi “Farid Andika Official”.

Javar atau kerap dilabel “Gus Javar”, pria nyeleneh asal Gayam, Pasuruan yang selama ini aktivitasnya kerap diunggah oleh sejumlah akun YouTube seperti “Pecinta Gus Javar” dan “Sabdo Palon” dalam sebulan terakhir ini tak lagi dilihat di platform digital YouTube.

Padahal, konten Javar yang rutin diunggah dua akun tersebut selama ini banyak mendapat animo dari warga internet (internet citizen). Tak jarang video sekali unggah dilihat ratusan ribu netizen. Dua akun ini pun cukup populer bagi penikmat YouTube. Seperti akun “Pecinta Gus Javar” yang telah berubah menjadi “Farid Andika Official” saat ini telah mencapai 107 ribu subcriber. Padahal, pada Februari lalu, akun ini masih berada di belasan ribu subrciber. Tepatnya hanya 17,9 ribu subcriber.

Sedangkan akun “Sabdo Palon”, kini telah memiliki 151 ribu subcriber. Pada pertengahan Februari lalu, akun ini sudah mencapai 112 ribu subcriber. Dua akun ini tergolong paling rajin mengunggah aktivitas Javar dengan judul bombastis (clickbait) hingga memancing penikmat YouTube untuk melihat tayangannya.

Tengok saja, judul unggahan video tentang Javar yang memancing orang untuk melihatnya. “gus Javar – Ilmu Laduni” ada juga unggahan dengan judul “Semua Orang berebut Sisa Makan Gus Javar Emas Tetaplah Bernilai (Everyone Suching The Rest Of Eat)”, “GUS JAVAR – Berangkat belakangan sampai duluan di TMII karomah gus javar (gus javar excess)”. Akun ini juga pernah mengunggah mengunggah dengan judul “Gus Javar- CERAMAH TINGKAT TINGGI GUS JAVAR”

Setali tiga uang, akun “Sabdo Palon” juga membuat video dengan judul yang bombastis. Seperti “Ini Bukti Uang Gus Javar Tidak Pernah Habis”. Akun ini juga memuat judul “Pejabat Dinas Perhubungan Minta Barokah Keselamatan Supaya di Jalan Tol Jangan ada Kecelakaan Lagi”. Berapa yang melihat tayangan tentang Javar? Jangan tanya soal ini. Tak jarang video yang diunggah dilihat hingga ratusan ribu netizen.

Namun, cerita manis tentang tayangan Javar di dua akun itu kini tinggal kenangan. Sejak sebulan terakhir, dua akun yang rajin mengunggah aktivitas Javar itu tak lagi mengunggah video aktivitas Javar. Bahkan, akun “Pecinta Gus Javar” telah berubah nama menjadi “Farid Andika Official”. Farid tak lain merupakan admin pengelola akun “Pecinta Gus Javar”.

Pada 24 Oktober 2020 lalu, melalui tayangan siarang langsung, Farid mengunggah video dengan judul “Pamit”. Dalam video tersebut Farid menyebutkan, saat video tersebut dibuat setengah bulan lalu, dirinya tengah sibuk menyiapkan pernikahan dengan calon istrinya. Setidaknya itu alasan formal berhentinya Farid mengunggah aktivitas Javar.

Tak sedikit warga internet menanyakan keberadaan Javar. Seperti yang ditulis family maulana “Buat yg dekat dgn gus javar, silakan buat chanel yg baru dan yg konsisten. sya yakin akan lebih manfaat nanti, dan sya yakin gus javar psti akan suscribe chanel yg baru. Yg dukung silahkan LIKE”. Komentar ini ditanggapi Farid dengan menyebut tidak bisa lagi membuat konten tentang Javar. “Sudah Ga bisa kang,” jawab Farid.

Namun, dalam percakapan dengan warga internet lainnya, Farid menjelaskan posisi Javar ada, namun dirinya saat ini memiliki kegiatan sendiri. Penjelasan Farid tampak tidak konsisten. Di kolom komentar ia menyebutkan tidak munculnya video Javar sebenanrya bukan karena kemauan dirinya sendiri. “Mohon maaf ini bukan kemauan saya pribadi..bhkan sebetulnya saya lbih senang upload gus javar, tapi apalah daya kemampuan saya hanya sampai sebatas ini” aku Farid.

Pernyataan senada juga muncul saat salah satu netizen atas nama Inspirasi Official yang mengaku kecewa karena akun “Pecinta Gus Javar” tak lagi menayangkan video aktivitas Javar. “saya kecewa bos.. sebagai Pecinta Gus Javar kepada Chanel ini karena tidak konsisten”. Komentar ini ditanggap Farid “Gmna lagi kalau memang keadaannya yang gk bisa mas, kalau saya juga ingin memberikan video gus javar untuk pemirsa tp apa daya saya” tulis Farid.

Video bersama Javar terakhir kali diunggah Farid pada 12 Oktober 2020 dengan judul “Ngopi dan Santai Bareng”. Dalam video tersebut Farid tampak bersama Javar. Video ini dilihat sebanyak 46 ribu penonton. Tiga hari berikutnya, Farid mengunggah video dnegan judul “SENI YANG LUAR BIASA”. Di video ini tidak ada sosok Javar, Farid hanya mereview jejak Javar di sejumlah tempat. Video ini dilihat sebanyak 87 ribu orang.

Satu lagi video yang tidak ada sosok Javar namun dikaitkan dengan Javar dengan judul “UNBOXING HELIKOPTER REMOTE CONTROL”. Dalam keterangan video ini ditulis “Merakit helikopter pemberian mas Ahong untuk Gus Javar”. Video ini dilihat 12 ribu orang. Video ini diunggah pada 19 Oktober 2020.

Setelah itu, video yang diunggah Farid sama sekali tidak terkait dengan Javar. Efeknya, penonton tayangan video yang diunggah Farid turun drastis Bahkan, tak sedikit video unggahan Farid hanya dilihat tak sampai 1.000 orang.

Setali tiga uang, akun Sabdo Palin terakhir kali mengunggah aktivitas Javar pada tanggal 2 Oktober 2020 dengan judul “Gus Javar Tidak Mengijinkan Acara Kerja Bakti di Lapangan Gayam yg diusulkan Pak To dan Mas Farid”. Tayanyan ini dilihat 21.265 penonton.

Setelah itu, pada tanggal 14 Oktober 2020, akun Sabdo Palon masih mengunggah video yang terkait dengan Javar, namun tidak ada sosok Javar dalam tayangan tersebut. Pemilik akun hanya mereeview kondisi kolam renang air mancur milik Javar. Video ini diberi label “Kondisi Kolam Air Mancur Gus Javar Pada Pukul 12 Malam”. Video ini dilihat sebanyak 26 ribu penonton.

Dua hari setelah itu, menjadi momentum terakhir kali Sabdo Palon mengunggah video yang dikaitkan dengan Javar. Melalui judul “Pada Tengah Malam Pukul 12 Pak Toha Mengantar dan Memandu Tamu ke Kolam Air Mancur Gus Javar”. Video ini tak banyak yang melihatnya hanya 1.682 penonton.

Setelah tayangan itu, Sabdo Palon sama sekali tak mengunggah video terkait dengan Javar. Imbasnya, video yang diunggah maksimal dilihat 1 ribu orang dengan judul video “Subhanallah Anak Sekecil ini Baca AL-Qur’an Tanpa Text Al Qur’an”. Sama sekali tidak terkait dengan Javar. Selebihnya video lainnya hanya di lihat di angka ratusan.

Pada Februai lalu, MASJIDUNA.COM mewawancarai sejumlah tokoh masyarakat di Pasuruan terkait keberadaan Javar. Seperti Ketua MUI Kabupaten Pasuruan KH Nurul Huda hingga Ketua PCNU Pasuruan KH Imron Mutamakkin.

Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin menepis jika Javar disebut wali. Menurut dia, yang mengetahui seorang sebagai wali tak lain adalah wali itu sendiri. Menurut Gus Ipong, demikian kerap disapa, Javar hanyalah sosok yang nyeleneh saja. “Kalau nyeleneh jangan diikutin,” tandas Gus Ipong.

Sementara, Ketua MUI Kabupaten Pasuruan KH Nurul Huda Muhammad mendorong pihak kepolisian agar melacak pihak-pihak yang memanfaatkan Javar untuk kepentingan pribadi. “MUI meminta agar pihak kepolisian untuk melacak siapa yang memanfaatkan Javar. Harus ada intel yang turun langsung,” ujar Gus Nurul, demikian akrab disapa, saat berbincang dengan MASJIDUNA.COM, Sabtu (15/2/2020).

[RAN/Foto: Tangkap Layar Akun Youtube “Pecinta Gus Javar”]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah