Connect with us

Masjid

ACT Resmikan Masjid Persahabatan Indonesia-Turkistan Timur

[JAKARTA, MASJIDUNA] — Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan masjid simbol persahabatan warga Indonesia dengan Majelis Nasional Turkistan Timur (Uighur) di Way Muli, Rajabasa, Lampung Selatan.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari jajaran ACT dan Majelis Nasional Turkistan Timur dengan memberikan bantuan pembangunan masjid ini,” ujar  staf ahli bidang ekonomi pembangunan dan pemasyarakatan pemerintah Lampung Selatan melalui  siaran pers ACT, Kamis (28/11).

Dia berharap masjid tersebut dapat bermafaat serta memotivasi bagi masyarakat. Majelis Nasional Turkistan Timur (Uighur) beberapa waktu lalu memberikan  bantuan bagi korban bencana alam di Indonesia. Termasuk korban bencana gempa dan tsunami di Lampung pada akhir Desember 2018.

Ketua Majelis Nasional Turkistan Timur (Uighur) Seyit Tumturk mengatakan, bantuan itu merupakan ungkapan terima kasih diaspora Uighur kepada masyarakat Indonesia yang selama ini ikut mempedulikan nasib warga Uighur.

“Saya berharap dengan peresmian masjid persahabatan Indonesia dan Turkistan Timur ini, Syekh Muhammad Salih menjadi simbol persahabatan abadi kita. Saya berterima kasih kepada ACT dan juga segenap yang terlibat. Semoga ini menjadi amal jariah di sisi Allah SWT,” kata Seyit.

Wakil Presiden ACT Syuhelmaidi Syukur menambahkan, peresmian masjid itu merupakan bagian dari upaya lembaga untuk terus membantu warga terdampak bencana. Menurutnya, ACT Lampung menyalurkan berbagai bantuan kepada korban bencana. Termasuk bantuan paket pangan, paket hadiah untuk marbut masjid, paket daging kurban, sumur wakaf, dan bantuan lainnya.

Syuhelmaidi mengatakan ACT berterima kasih kepada Majelis Nasional Turkistan Timur (Uighur). Khususnya kepada Seyit, atas bantuan yang telah diberikan kepada warga Lampung. Tahun lalu, Seyit menyambangi Indonesia serta menyempatkan menjenguk korban tsunami di Banteng dan Lampung dengan membawa bantuan.

“Alhamdulillah, bantuan tersebut terwujud menjadi masjid ini,” pungkasnya.

[AHR/Antara]

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Masjid